Karnaval bunga di Tomohon

Tomohon International Flower Festival (TIFF) adalah kegiatan kepariwisataan yang di selenggarakan setiap bulan Agustus di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Iven tersebut berisi aneka perlombaan, workshop sampai bakti sosial, dan yang paling ditunggu adalah karnaval bunga.

TIFF telah masuk program resmi pariwisata provinsi dan nasional. Pagelaran ini sering diikuti instansi pemerintahan baik tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, pihak swasta dan beberapa peserta dari negara sahabat.

Penyelenggaraan TIFF ke 8 (delapan) tahun 2018 ini berlangsung tanggal 8-12 Agustus mengangkat tema Beautiful Tomohon, Sing with Flowers, mengokohkan bahwa Tomohon adalah Kota Bunga. Sepantasnya warga Tomohon berbangga karena dengan kegiatan tersebut akan banyak wisatawan berkunjung dan menikmati acaranya.

Walikota Tomohon Jimmy Eman membeberkan data bahwa terjadi peningkatan signifikan kunjungan wisatawan tiap tahunnya, disetiap acara berlangsung. Pada tahun 2016 ke 2017 wisatawan mancanegara yang berkunjung untuk TIFF dari 26.441 menjadi 39.000 orang. Tahun 2018 di taergetkan sebanyak 90.000 orang termasuk 500.000 wisatawan nusantara.

Perkiraan banyaknya kunjungan wisatawan itu sebanding dengan jumlah peserta mancanegara. Sedikitnya ada 19 negara yang menyatakan hadir dalam karnaval bunga, plus peserta dari tanah air.

Otomatis ada banyak bunga yang harus dipersiapkan masyarakat Tomohon untuk mendukung suksesnya pagelaran Festival Bunga ini. Namun apakah petani bunga merasakan dampak baik dari acara tersebut? Adakah pendapatan petani bunga yang meningkat secara signifikan dengan adanya iven ini?

Leave a Reply